WELCOME

INI ADALAH BLOG BAGI SEMUA KALANGAN YANG MENCINTAI KEINDAHAN WILAYAH PESISIR DAN LAUTAN SEMOGA BERMANFAAT BUAT SEMUANYA.....MERDEKA...!!!!

Sunday, May 15, 2011

Pengolahan Hasil Perikanan Kepulauan Aru





Potensi nelayan pengolah hasil perikanan Kabupaten Kepulauan Aru sebanyak 822 orang yang terdiri dari pengolah ikan dan udang kering sebanyak 524 orang dan lebihnya melakukan usaha penggaraman ikan dan terasi udang. Pengembangan Pengolahan Hasil Perikanan di Kabupaten Kepulauan Aru selama ini belum terlaksana sesuai yang diharapkan dikarenakan produksi perikanan Kepulauan Aru yang lebih memiliki daya saing adalah ikan segar dan ikan beku sehingga masyarakat pesisir umumnya terfokus pada kegiatan pengolahan hasil perikanan dengan cara tradisional yang meliputi pengeringan (ikan dan udang/ebi), penggaraman ikan dan pengolahan terasi udang. Selain itu pengolahan hasil perikanan dengan menggunakan teknologi mekanisasi yaitu pembekuan (ikan dalam bentuk utuh, filliet ikan kerapu dan udang).
Produksi perikanan yang bersumber dari pengolahan hasi perikanan tahun 2009 sebesar4,26%, terdiri ikan kering sebesar 1.282,89 ton, ikan garam sebesar 654,10 ton, udang ebi 458, 76 ton dan terasi udang sebesar 233,46 ton.
Garfik perbandingan produksi perikanan Kabupaten Kepulauan Aru 2008 – 2009 di samping menunjukan telah terjadi speningkatan produksi perikanan di tahun 2009 dengan selisih nilai sebesar 10.919,09 ton. Jumlah ini diperkirakan akan terus mengalami peningkatan di tahun 2010 seiring dengan bertambahnya jumlah nelayan serta iklim investasi dibidang Kelautan dan Perikanan yang semakin kondusif.
Lokasi/Jenis/Produksi Pengolahan Hasil Perikanan di Kabupaten Kepulauan Aru Tahun 2009.

No comments:

Post a Comment