Para pemilik hotel dan penginapan di Kota Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, berbenah menyambut tamu menjelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-24 Tingkat Provinsi Maluku 21-28 Mei mendatang.

"Sekitar 3.000 tamu dari sepuluh kabupaten/kota akan datang ke Dobo sehingga membutuhkan kamar untuk menginap dan kami perlu menambah ruangan," kata Anyong, pemilik Penginapan Suasana Baru yang dihubungi dari Ambon, Rabu.

Lokasi penginapan yang terletak di atas laut itu sangat strategis karena berhadapan langsung dengan lapangan upacara Yos Soedarsi Dobo yang akan menjadi tempat penyelenggara MTQ.

Di Dobo terdapat empat hotel dan 12 penginapan.

Sebelum pelaksanaan MTQ, banyak tamu yang telah memesan kamar untuk kegiatan kunjungan Menteri PDT ke Kepulauan Aru dalam rangka kegiatan Rakor Percepatan Pembangunan Daerah Perbatasan (P2DP) di sini, kata Vony, salah satu pegawai penginapan di Dobo.

Kepala Kecamatan Pulau-Pulau Aru Gabriel El mengatakan sudah membuat surat imbauan kepada seluruh warga Kota Dobo dan sekitarnya untuk menyukseskan dua kegiatan besar itu dengan mengurangi penjualan minuman beralkahol.

"Surat imbauan yang dibacakan ke seluruh penjuru kota menggunakan mobil penerangan, dimaksudkan agar penjualan minuman tradisional beralkahol seperti sopi dibatasi dan menjaga situasi keamanan hingga kegiatan Menteri PDT maupun MTQ aman dan sukses," katanya.