WELCOME

INI ADALAH BLOG BAGI SEMUA KALANGAN YANG MENCINTAI KEINDAHAN WILAYAH PESISIR DAN LAUTAN SEMOGA BERMANFAAT BUAT SEMUANYA.....MERDEKA...!!!!

Friday, May 20, 2011

Disbudpar Malteng Dorong Pengembangan Wisata Pulau Pombo

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Maluku Tengah (Malteng) mendorong pengusaha yang berminat mengembangkan potensi wisata Pulau Pombo dengan ketentuan menjaga kelestarian cagar wisata alam tersebut.

Kepala Disbudpar Malteng, Mansyur Tawainela, ketika dihubungi ANTARA dari Ambon, Kamis, mengatakan, pihaknya siap memberi fasilitasi dan rekomendasi kepada investor yang berminat mengembangkan pulau Pombo menjadi tujuan wisata alam maupun bahari.

"Pulau Pombo memiliki panorama alam dan bawah laut yang indah sehingga wisatawan pasti kerasan bila mengunjunginya," ujarnya.

Pulau Pombo berada di bagian Timur Kota Ambon dan secara geografis dekat dengan desa Liang, Waai dan Tulehu, Kecamatan Salahutu, pulau Ambon serta desa Kailolo, pulau Haruku, kabupaten Malteng.

Jarak dari Kota Ambon ke Liang sekitar 40 kilometer.

Dari Liang, pengunjung harus menggunakan speedboat atau perahu tradisional untuk bisa menyeberang ke pulau Pombo.

Pombo berasal dari bahasa Portugis yang artinya merpati.

Mansyur mengatakan, pengembangan pulau Pombo menjadi objek wisata juga harus mendapatkan izin Menteri Kehutanan Zukifli Hasan karena statusnya sebagai cagar alam.

"Kami siap memberikan rekomendasi ke Menhut sekiranya investor telah menyelesaikan berbagai persyaratan, termasuk pendekatan dengan warga desa Liang, Waai, Tulehu dan Kailolo sehingga berperanserta dalam menyuksekan pengembangan wisata di pulau Pombo," katanya.

Informasi yang dihimpun ANTARA, seorang investor dari Jakarta berminat mengembangkan pulau Pombo menjadi daerah tujuan wisata.

Tim dari investor tersebut sedang melakukan sosialisasi kepada masyarakat di desa Liang, Waai, Tulehu dan Kailolo.

Investor memrogramkan pembangunan cotage dengan tetap memelihara kelestarian cagar alam, mengembangkan paket wisata alam maupun bahari serta bersedia menunjang upaya pelestarian budaya masyarakat setempat.

Pulau Pombo yang merupakan kawasan konservasi juga merupakan tempat singgah dan bersarang salah satu jenis burung khas/endemik Maluku yaitu burung Pombo (Ducula bicolor) dan berbagai jenis burung lainnya.

Sejenis Burung Kuntul sering tampak singgah dan mencari makan di sekitar pulau pombo. selain itu juga pulau Pombo merupakan tempat singgah burung migran dan berbagai jenis burung lainnya.

Selain itu di pulau Pombo juga pernah ditemukan tempat mendarat penyu yang diduga jenis Penyu Sisik (Eretmochelys Imbricata) dan Penyu Hijau.

Terkadang, pada waktu tertentu, pulau itu juga menjadi tempat singgah burung migran termasuk Pelikan Australia.

No comments:

Post a Comment